Anggota Dewan Suka Bolos, Anggota sama Fraksi sama saja

By den_bagus on 21.57

Filed Under:

Jakarta - Sering bolosnya anggota DPR di sidang paripurna tak lepas dari peran fraksi. Ketua BK DPR Irsyad Sudiro mengatakan ada peran fraksi dalam ketidakhadiran anggota DPR dalam sidang-sidang paripurna dan sidang komisi masing-masing anggota.

"Fraksi mengizinkan tidak hadir fisik asal ada izin," ujar Irsyad sebelum mengikuti sidang paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/3/3009).

Dikatakan Irsyad, soal absensi sebenarnya sudah ditegaskan dalam tatib DPR, bahwa setiap anggota wajib hadir dalam sidang paripurna dan sidang-sidang di mana ia menjadi anggota di suatu komisi.

Hanya saja, lanjut politisi Golkar ini, dalam tatib DPR itu membuka celah bagi fraksi untuk mengizinkan anggota fraksinya untuk tidak hadir. Anggota DPR bisa saja tidak hadir asalkan mengantongi izin dari fraksinya. "Sebab izin (fraksi) itu itu kalau dalam hitungan termasuk hadir," jelasnya.

BK DPR pun diakui Irsyad tidak bisa berbuat banyak menghadapi sering bolosnya anggota DPR. Menurut Irsyad, BK hanya bisa sebatas mengingatakan saja, "Tapi kita akan berhadapan dengan pembelaan fraksi," jelasnya lagi.

Untuk itu Irsyad berharap pemahaman dan komitmen fraksi untuk menertibkan
kehadiran masing-masing anggotanya agar tidak sering bolos. Irsyad juga mengusulkan ada perbaikan dalam tatib DPR, UU Susduk, juga kode etik anggota[dtk]

0 komentar for this post

Posting Komentar

 Blog Terbaik News & Journalism - Top Blogs Philippines Malaysian Topsites - TopMalaysia.OrG Journalist Blogs - Blog Catalog Blog Directory Indonesian Muslim Blogger