Inilah Gaya Caleg Para artis-artis Demokrasi

By den_bagus on 00.13

Filed Under:

Ketentuan bahwa caleg yang bisa menjadi anggota legislatif adalah caleg yang meraih suara terbanyak, membuat para caleg berperang kreativitas. Banyak cara: dari membeberkan keturunan darah biru, memajang anaknya yang jadi selebriti, dan menjadi Superman.

Menjelang Pemilu legislatif 5 April 2009, spanduk-spanduk semakin banyak bertebaran di berbagai sudut kota dan desa. Ada yang biasa-biasa saja memajang fotonya agar dikenal masyarakat, ajakan untuk mencontreng nama sang caleg di surat suara, dan ada pula yang memajang foto dan nomor urut tapi lupa menuliskan parpolnya.

Banyak juga spanduk yang membuat hati kita tertawa, sedih, dan prihatin. “Kreativitas tanpa batas, walau kadang menyentuh absurditas,” tulis seorang anggota DPR yang keberatan disebut namanya. Sang anggota DPR ini mengirimkan sejumlah foto spanduk caleg yang membuat dia geleng-geleng kepala.
Foto pertama adalah spanduk kampanye R.P Rustam Effendi, caleg PKB untuk DPRD Jawa Barat nomor urut 2 dari Dapil IV Kabupaten dan Kota Bogor. Rustam menempatkan spanduknya di daerah Bogor. Dalam spanduknya, Rustam yang berdarah biru ini membeberkan silsilah keluarganya yang keturunan bangsawan Padjadjaran.

Foto kedua adalah iklan yang bisa membuat orang yang melihatnya tersenyum. Maklum, H Eggi Massadiah, caleg anggota DPR dari Partai Golkar nomor urut 5 untuk Dapil Jakarta II ini memasang gambar animasi Superman. Badan Superman, kepala Eggi, dan jubah terbang bergambar Partai Golkar.

Foto ketiga adalah spanduk Rafflyn Lamusu. Siapa dia? Memang tidak populer. Karena itulah, caleg DPRD Gorontalo nomor urut 1 dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) ini memajang foto putrinya: Cynthia Lamusu. Nama Cynthia tentu populer, karena dia adalah penyanyi, anggota AB Three. Agar lebih jelas, Rafflyn memasang tulisan di bagian bawah namanya: “Papanya Cynthia Lamusu”.[sr]


1 komentar for this post

hee hee apa bener ini calaon-calon pemimpin Rakyat?Pikir sendiri deh

Posted on 19 Februari 2009 00.21  

Posting Komentar

 Blog Terbaik News & Journalism - Top Blogs Philippines Malaysian Topsites - TopMalaysia.OrG Journalist Blogs - Blog Catalog Blog Directory Indonesian Muslim Blogger